Yang Melihat Blog ini

Jumat, 31 Agustus 2012

17. Bersaing Sehat di Kantor


Bersaing Sehat di Kantor

                                       Karyawan Perusahaan sedang bersaing memperebutkan makanan

Dimanapun anda bekerja yang namanya persaingan itu tidak bisa di hindari. Persaingan itu ibarat seleksi alamiah yang akan selalu ada di dunia ini. Begitu pula halnya bila anda kini bekerja di sebuah perusahaan, anda sadari atapun tidak aroma persaingan akan selalu tercium di kantor. Sebenarnya persaingan itu baik untuk menumbuhkan sikap saling berlomba-lomba dalam memberikan kinerja yang terbaik untuk perusahaan. Hal ini akan berjalan dengan baik bila aroma cara-cara positif selalu terjaga di lingkungan perusahaan. Tapi bila sudah bersaing dengan cara-cara yang negatif maka yang timbul perasaan iri dan dengki dan akan berdampak kepada pengurasan energi negatif yang terbuang percuma.
Berikut beberapa tips agar Anda muncul sebagai pemenang tanpa bermain kotor:
1. Mengamati
Seringkali orang-orang yang menyadari dinamika di lingkungan bekerja mereka, berakhir menjadi korban politik kantor. Hal pertama yang harus dilakukan adalah waspada. Ukur kekuatan orang lain dan kelemahannya dan ketahuilah kelemahan mereka meskipun mereka kelompok pengganggu terberat.
2. Tunjukkan Kinerja
Jika bos Anda atau rekan Anda meremehkan Anda, perlihatkan dengan pengetahuan dan kinerja Anda. Namun jika Anda memiliki masalah dengan atasan Anda, mengeluh kepadanya atau senior Anda bukan solusinya. Sebaliknya, tunggu waktu yang tepat untuk bicara dari hati ke hati dengan dia. Jelaskan bagaimana perasaan Anda dan tanyakan apakah ada sesuatu yang dapat Anda lakukan agar Anda lebih baik.
3. Jangan Putuskan Relasi
Bangun lah relasi Anda di kantor. Tiada teman atau musuh yang abadi. Dalam setiap perusahaan, orang saling mengenal satu sama lain dan Anda bekerja bukan untuk kerluarga. Jangan emosional, jangan mempercayai orang sepenuhnya dan tetapkan batas-batas Anda sejak awal.
4. Berteman dengan Saingan
Dalam hal ini ‘saingan’ Anda bisa berarti atasan atau rekan kerja Anda. Dengan berteman dengan ‘pengganggu’, Anda cenderung melucuti senjata mereka. Karena mereka tidak bisa mendapatkan apa yang mereka inginkan dari Anda, mereka akan kehilangan minat dalam permainan.
5. Berhenti Mengeluh
Kebanyakan ‘korban’ politik kantor memilih untuk berhenti dari pekerjaan mereka atau mencari pilihan lain dengan harapan menemukan tempat kerja yang ideal, ini adalah mimpi. Seperti orang-orang yang beralih pekerjaan dan kadang-kadang menghadapi masalah harga diri. Yang penting adalah untuk menyadari bahwa setiap tempat kerja memiliki politik dan Anda harus belajar untuk menangani dengan cara yang benar.
6. Jangan Bergosip
Dalam lingkungan kantor, semuanya datang di sekitar Anda termasuk gosip-gosip yang beredar. Namun berhati-hatilah dengan gosip tersebut. Ingatlah, selalu penting untuk bereaksi hanya setelah Anda mendapatkan fakta yang benar.

Foto     : Aldi Desmet
Model   : Endra Kusbintoro dan Devy Juwita Lestari

  • Buat yang pengen comment, bisa melalui sms...
  • Ketik : Nama_Comment
  • Kirim ke : 0819880008

Tidak ada komentar:

Posting Komentar