Yang Melihat Blog ini

Senin, 23 Juni 2014

55. ODOJ - Tips Agar Tetap Berkelangsungan Membaca Al Qur’an



Pengajian Rutin ke 3 ODOJ Medan
Tips Agar Tetap Berkelangsungan Membaca Al Qur’an



Pengajian Rutin ke 3 yang dilaksanakan oleh Dewan Pengurus Area (DPA) Medan dilangsungkan di Mesjid Al - Musabbihin Komplek Taman Setia Budi Indah (TASBIH) – Medan, Minggu (22/6), kegiatan ini sekaligus memperat tali silatuhrahmi antar sesama ODOJers (sebutan untuk peserta ODOJ).

Acara dibuka dengan pembacaan Ayat Suci Al Qur’an yang dibacakan Qori, Khairil Anwar (60thn), Tuna Netra yang hafal 14 Juz. Ayat demi ayat yang dibacakan Bapak Khairil Anwar sangat menggetarkan hati.

Dalam acara ini Ustadz Kasman Lubis, Lc. Dipl. MA. memberikan tausyiah tentang Indahnya Ramadhan Bersama One Day One Juz, yang biasa mungkin hanya setahun sekali khatam, Alhamdulillah dengan adanya ODOJ membantu dan terbiasa agar pada bulan Ramadhan atau bulan Kemenangan bisa khatam dalam 30 hari.

Dalam ceramahnya, Ustad Kasman Lubis juga menyampaikan bahwa ketika sebelum mengisi ceramah Pengajian Rutin ODOJ Medan, beliau mengisi disalah satu Mesjid di Kota Medan, dalam ceramahnya tersebut ada seorang jamaah yang bertanya.”Ustad, saya dulu pernah ikut ODOJ, tetapi karena rutinitas tersebut saya jadi tidak ikut agak malas, sehingga tidak ikut ODOJ lagi, bagaimana agar membaca Al Quran bisa tetap berkelangsungan?”

Ustadz Kasman Lubis, Lc. Dipl. MA memberikan Tips agar tetap Berkelangsungan Membaca Al Quran :
1.     Berinteraksi Dengan Al Quran, caranya ?
A.    Membaca Al Quran
B.    Memahami Bacaan dan Isi Ayat Kandungan yang terdapat didalam Al Quran.
C.    Menghafal Al Quran
D.    Mengajarkan Al Quran
2.     Punya Target ODOJ yang kita ikuti, sehingga memberikan semangat agar tetap membaca Al Quran, apakah dengan menghafalnya, dll.

Sebagai contoh, apakah kita sudah memahami Makna yang terkandung dalam Surat Alfatiha?, untuk awal kita bisa memahami kandungan yang terdapat dalam Surat Al Fatihah yang terdiri dari 7 ayat tersebut, sehingga kita bisa memaknai tentang Surat-surat lain yang terkandung dalam Al Quran, sehingga kita tidak hanya membaca dan membaca saja.

Membaca Al Quran itu memiliki 700 kebaikan ketika kita membaca Al Quran.

Hadir dalam acara tersebut, Dr. H. Hasan Mansur Nasution, M.A selaku Wakil Ketua MUI Medan, dalam pemaparannya, Dr. H. Hasan Mansur Nasution, M.A menyampaikan pengalamannya ketika belajar di luar negeri, “Kalo di Mesir anak berumur 7 tahun terbiasa khatam” ujarnya.

Dalam kesempatan tersebut, Muhajir, Ketua ODOJ Medan memimpin Pembacaan "Deklarasi ODOJ untuk Negeri" dan " Pesan ODOJ untuk Calon Pemimpin Negeri" yang diikuti oleh seluruh ODOJer yang hadir di Mesjid Al- Musabbhihin.

Diakhir acara, Dewan Pengurus Area Medan memaparkan rencana kerja kedepan, seperti Tabliq Akbar, dan bantuan untuk masyarakat yang kurang mampu.



 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar