Yang Melihat Blog ini

Senin, 08 September 2014

61. Menggunakan Teknologi dengan Mata Hati


Menggunakan Teknologi dengan Mata Hati


Text : @CeritaJimmy
Foto : @Aldi_Desmet

Teknologi untuk siapa saja! Kata itu yang tepat untuk acara yang didukung sepenuhnya oleh XL bersama Komunitas Mata Hati. Kelompok XL Community yang perduli  terhadap  penyandang disabilitas netra. Bersama XL Komunitas ini XL melakukan roadshow di  17 kota se-Indonesia setelah di Sumatera dilaksanakan di kota  Bandar Lampung, Palembang, Pekanbaru dan hari ini (08/09/14) di Medan bertempat di Gedung PERTUNI  (Persatuan Tuna Netra Indonesia)  – Jalan Sampul Medan, Senin (8/9).

Acara yang berlangsung sekiatr 3 jam tersebut menjawab dengan tuntas pertanyaan pertanyaan yang selama ini ada, yaitu bagaimana mungkin penyandang tuna netra bisa melakukan aktifitas SMS, Email dengan menggunakan Android layar sentuh yang tidak ada tombol qwerty-nya sama sekali.

Kegiatan sosialisasi penggunaan Android khusus penyandang cacat tuna netra di Medan kali diikuti oleh sekitar 60 orang tuna netra, dua orang tuna netra berasal  dari Jakarta yaitu Budi dan Septo yang hadir sebagai trainer untuk mencoba menularkan kemampuan mereka ke komunitas tuna netra lain yang ada di kota Medan.

Dalam acara yang penuh dengan kekeluargaan ini Budi dan Septo langsung  mendemonstrasikan bagaimana mereka dengan lihainya mengetik dan mengirim SMS, membaca status Facebook, mengirim pesan melalui WhatsApp hingga berkirim e-mail dengan sangat lancar nyaris menyerupai orang normal pada umumnya

Promotion Cordinator XL Medan – Trisna Gunawan dalam sambutannya menyampaikan, “Teknologi XL untuk siapa saja, dan XL juga siap membantu masyarakat dari latar belakang yang berbeda sekalipun. Kaum tuna netra juga adalah bagian dari masyarakat dan bagian dari pelanggan kita yang juga ingin menikmati kemajuan teknologi, khususnya penggunaan perangkat layar sentuh Android “ ucap Trisna.

Aplikasi Google Talk Back dan aplikasi Vocalizer Damayanti ( Aplikasi yang diciptakan khusus untuk tuna netra) sangat membantu mereka menggunakan semua aplikasi yang ada di Android. Aplikasi-aplikasi tersebut mengkonversikan apa yang mereka sentuh di layar android menjadi suara dan dengan cara itulah mereka bisa menjalankan semua yang ada di dalam OS Android, mulai dari menelepon, SMS, social media, chatting hingga e-mail dengan sangat mudah.

“Selain mendukung kegiatan sosialisasi penggunaan Android khusus tuna netra ini, XL juga membagikan kartu perdana komunitas gratis kepada seluruh peserta tuna netra yang hadir di acara ini. Semoga dengan ini mereka bisa menikmati teknologi XL dan teknologi Android sesungguhnya,” tutup Trisna.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar